Cara sehat OTG menangkis serbuan komersialisasi industri (bag. 2)

Tatapan mata Mahyedin kosong, sehampa padang ilalang yang membentang di depan rumahnya. Ia hanya bisa duduk di kursi teras menikmati masa pensiun karena kedua kakinya bengkak akibat serangan asam urat. Taktis, selama tiga tahun terakhir, pria penderita hipertensi itu menghabiskan waktu dengan duduk sepanjang hari.

HAMBALANG (CestarWeb): Mahyedin termasuk tipe orang yang patuh dengan nasihat dokter. Sejak didakwa mengidap hipertensi esensial, dokter menyuruh mantan pesilat itu makan obat hipertensi tiap hari seumur hidup.

Tanpa disadarinya, salah satu obat diuretik yang ia konsumsi itu ternyata berjenis hidroklorotiazid (HCT) yang membawa risiko terjadinya penumpukan asam urat (uric acid).

Seperti obat-obat diuretik jenis beta blocker pada umumnya, HCT bekerja memanipulasi fungsi ginjal dengan memblokir zat cair masuk ke dalam pembuluh darah, sehingga air langsung terbuang ke kantong urine.

Disebut memanipulasi karena ginjal secara alamiah bisa mengontrol kadar air dalam metabolisme tubuh.

Jika tubuh kelebihan cairan, ginjal langsung membuangnya ke kantong urine. Sebaliknya, jika tubuh mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) ginjal secara otomatis akan menahan pembuangan air.

Obat diuretik dirilis sejak 1959 ke pasar untuk tekanan darah tinggi. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk kerja ginjal buruk, ketidakseimbangan elektrolit terutama kalium darah rendah dan kurang sodium, asam urat, gula darah tinggi dan kliyeng-kliyeng (perasaan pingsan) di awal berdiri.

Obat ini ada dalam kelas obat tiazid dan bekerja dengan menurunkan kemampuan ginjal untuk menahan air.

“Pada awalnya volume darah tereduksi, darah yang tereduksi kembali ke jantung sehingga cardiac output. Dalam jangka panjang, diyakini ia menurunkan resistensi pembuluh darah perifer,” tulis satu jurnal medis.

Dierutika ialah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Sedangkan tiazid sendiri dapat meningkatkan peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida plasma dengan mekanismeyang tidak diketahui, tetapi tidak jelas apakah ini meningkatkan resiko terjadinya aterosklrosis.

Menurut jurnal itu, hipokalemia lazim terjadi bagi pemakai obat tersebut. Hipokalemia adalah efek samping yang sangat sering terjadi pada terapi jangka panjang dengan diuretik, yaitu 25-40% kasus.

Efek samping lainnya adalah hipomagnesemia, alkalosis metabolik, hipokloremis, toleransi glukosa yang berkurang (bahaya manifestasi diabetes melitus pada kondisi metabolik pradiabetes), gangguan metabolisme lemak, kenaikan kadar trigliserid serum dan kadar kolesterol serum; kenaikan LDL, HDL tidak berubah atau turun.

Selain itu juga timbul hiperurisemia, yakni serangan pirai pada pasien yang ada disposisi. Penyebabnya adalah penghambatan kompetitif sekresi asam urat yang berlangsung melaui sistem transpor anion ditubulus proksimal sperti juga eliminasidiuretik tiazid. Setelah kurang lebih 7-10 hari kenaikan asam urat serum akan mencolok.

IMG_20170918_153100

Derivat tiazid memperlihatkan efek penghambatan karbonik anhidrasedengan ptensi yang berbeda-beda. Zat yang aktif sebagai penghambat karbonik anhidrase, dalam dosis yang mencukupi, memperlihatkan efek yang sama seperti asetazolamid dalam eksresi bikarbonat.

Agaknya efek penghambatan karbonik anhidrase ini tidak berarti secara klinis. Efek penghambatan enzim karbonik anhidrase diluar ginjal praktis tidak terlihat karena tiazid tidak ditimbun di sel lain.

IMG_20171018_114004

“Pada pasien hipertensi, tiazid menurunkan tekanan darah bukan saja karena efek diuretiknya tetap juga karena efek langsung terhadap arteriol sehingga terjadi vasodilatasi,” terang jurnal tersebut.

Farmasi = kimiawi = sintetis

Menurut Metbayah, seorang pemilik apotik di Banten, jual-beli obat di apotik semakin menurun dalam dasawarsa terakhir seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk kembali ke pola hidup sehat alami, dan menghindari mengkonsumsi obat-obat kimiawi sedapat mungkin.

IMG_20171018_090533

“Obat farmasi itu sifatnya kimiawi dan sintetis. Ia bisa meredam satu gejala penyakit secara emergensi, tapi untuk jangka waktu tertentu bisa menimbulkan empat penyakit baru,” tutur Metbayah.

Di negara maju seperti AS, misalnya, zat yang sudah ada secara alami tidak bisa dipatenkan. Alhasil, perusahaan-perusahaan obat berlomba-lomba membuat obat sintetis untuk bisa dipatenkan.

Di Indonesia, kandungan obat alami (tradisional) masih diakui. Ia lazim disebut dengan herbal atau jamu. Ketika eforia herbal meledak di awal 2000an banyak farmasi yang latah menggunakan istilah herbal pada produknya.

Home-home industry herbalpun bermunculan di mana-mana bak jamur di musim hujan sehingga industri farmasi sempat dibuat ketar-ketir.

Jadi jangan heran kalau muncul produk-produk herbal yang hanya cari duit dan tidak memikirkan efektivitas dan khasiat produknya secara bersungguh-sungguh.

“Bahkan, ada satu produk herbal yang katanya bisa menyembuhkan asam urat, setelah dikonsumsi teratur, justru asam urat saya kambuh mendadak, sampai kaki saya lumpuh dan terpaksa pakai kursi roda,” kata Alec.

Alec juga pernah berobat pada seorang dokter herbalis di luar kota. Di sana, asam uratnya diukur, tercatat mencapai 18.

Angka ini terbilang sangat tinggi, karena ada tetangganya yang terkena stroke ringan karena mengidap asam urat yang  sudah mencapai 22.

“Ini adalah tingkat asam urat tertinggi dari pasien yang pernah saya tangani selama ini,” kata dokter tersebut merespon tingkat asam urat yang diderita Alec.

Melawan mitos

Berbagai upaya dilakukan Alec untuk menurunkan kadar asam urat dari dalam darahnya, mulai dari meminum ramuan jus nenas, lobak putih dan kemiri hingga ke terapi air heksagonal dan alkalin (7 botol) selama tiga hari berturut-turut, disamping obat herbal yang sudah diresepkan dokter itu untuknya.

Pada hari ketujuh, Alec kembali memeriksakan diri ke dokter yang sama. Dan ternyata, kadar asam uratnya tak berubah sama sekali, tetap di angka 18!

Sadar bahwa dirinya mulai terseret dalam lingkaran setan bernama komersialisasi industri obat-obatan, Alec akhirnya memutuskan bereksperimen mengobati diri sendiri, dengan jurus andalannya, off the grid (OTG), kembali ke alam asri.

Hal yang pertama yang ia lakukan adalah riset literatur eliminatif, yakni membuat perbandingan pendapat para ahli dengan menyingkirkan unsur-unsur  yang bertentangan di dalamnya. Karenanya, semua unsur itu patut dihindari.

Contoh. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ketimun itu bagus untuk obat darah tinggi, namun pendapat lain menyebutkan bahwa ketimun merupakan salah satu pemicu asam urat. Kontroversial. Abaikan!

Begitu juga halnya dengan nenas, ubi jalar dan tomat. Terjadi kontradiksi antara manfaat dan mudhorat yang terkandung di dalamnya, sehinga semua jenis makanan itu layak jadi tersangka dan diabaikan saja, baik sebagai obat maupun sebagai pantangan.

Apalagi, jika ditemukan pesan-pesan mujarobat yang ujung-ujungnya adalah jualan produk, bisa dipastikan hal itu sebagai non-sense, hanya alat untuk komoditas cari duit semata.

Salah satu tersangka utama yang tersisa karena tidak kontroversial di kalangan para ahli adalah unsur kimia seperti pada bumbu penyedap makanan buatan pabrik, termasuk MSG dan bahan pengawet diyakini bisa merusak fungsi ginjal dan mengganggu metabolisme tubuh.

Sembuh karena eksperimen

Setelah berkutat dengan eksperimen terhadap dirinya sendiri selama tiga bulan, Alec akhirnya bisa sembuh total dan tampil bugar kembali di depan kelas, mengajar siswa SMK tempat ia mengabdikan diri selama ini.

Ia tidak dendam dengan dokter yang mengaku herbalis. Ia tak sakit hati dengan herbal abal-abal. Ia hanya bersyukur karena keberaniannya bereksperimen selama ini secara otodidak dan independen telah membuahkan hasil.

Resepnya ternyata sederhana saja. Inti semua persoalan bertitik berat pada pola makan. Yang dibutuhkan hanya keberanian untuk bereksperimen pada diri sendiri.

Setiap zat yang kita makan dan minum adalah obat sekaligus penyakit tergantung unsur kimiawi yang ada di dalamnya.

Jika unsur kimiawinya sesuai, ia otomatis menjadi obat, dan jika unsur kimiawinya tak seimbang, ia menjadi penyakit. Beda obat dan penyakit itu terletak pada takarannya.

Berikut langkah-langkah yang dijalankan Alec sehingga bisa sembuh total dari penyakit asam uratnya.

1. Menakar karbohidrat

Kadar karbohidrat yang tinggi bisa membantu penumpukan uric acid menjadi zat purin dan gula darah. Karena itu, setiap asupan karbohidrat seperti nasi, kentang. mie dan bahan tepung perlu dikurangi.

Untuk itu, Alec mengganti cara makan dari menyuap pakai tangan dengan menyuap pakai sumpit. Biasa nasi satu piring, sekarang diganti menjadi setengah mangkok saja.

Makan setelah lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Makan sedikit tapi sering itu lebih baik dari makan jarang tapi sekaligus banyak.

Untuk memastikan kadar karbohidrat tetap terkontrol, Alec mengkonsumsi teh hijau setiap hari. Kandungan teh mencegah pembentukan karbohidrat menjadi gula darah, sementara jenis teh hijau berkhasiat membuang radikal bebas dari tubuh.

2. Melawan asam dengan asam

Untuk membuang kelebihan asam urat dan penumpukan karbohidrat dari sistem pencernaan, Alec mengkonsumsi asam jawa (dicampur gula aren).

Asam jawa terkenal ampuh sebagai pembersih zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh dan radikal bebas dari pembuluh darah.

IMG_20171002_101532

Air asam jawa pembasmi asam urat

3. Kembali ke apotik hidup

Sebagai pamungkas, Alec berpaling pada apotik hidup, dalam hal ini daun kumis kucing yang ia tanam di halaman rumah.

Paling tidak, selama tiga hari berturut-turut air seni akan terlihat banyak busa menandakan terbuangnya uric acid.

Pada hari keempat, seiring air seni yang mulai membening, semua gejala nyeri pada persendian tangan dan kaki akan lenyap, menandakan Anda sudah pulih dari penyakit asam urat.

IMG_20171102_083015

Kursi roda aluminium menjadi saksi bisu eksperimen off the grid 2017

Meski begitu, dalam 5-7 hari ke depan, pada persendian masih akan terasa pegal-pegal sebelum akhirnya hilang sama sekali seperti sedia kala.

Dan untuk menjaga sistem pencernaan termasuk pankreas dari efek negatif kimiawi (menetralisir), alangkah baiknya setiap pagi hari Anda minum air rebusan daun badotan, sejenis rumput berkembang putih yang biasa dimakan kambing.

wallahu ‘alam bi’sh showab

Ali Cestar
Pemerhati kesehatan dan praktisi gaya hidup off-the-grid tinggal di Hambalang, Bogor.

Advertisements

Cara sehat OTG menangkis serbuan komersialisasi industri (bag. 1)

Berikut ini adalah cuplikan satu kisah yang terjadi di sebuah negeri atas awan bernama Republic of Irony (ROI) di mana komersialisasi di sejumlah lini industri telah mengancam kesehatan masyarakatnya sendiri hampir setiap hari…

JAKARTA (CestarWeb); Arman (44 th) duduk termangu di kursi rodanya dengan wajah sendu. Dokter yang merawatnya telah memvonis dirinya mengidap asteoporosis akut dan  tulang kakinya mesti dioperasi.

Osteoporosis adalah penyakit kerapuhan pada tulang. Arman sejak tiga bulan terakhir taktis tak bisa berjalan dan hanya mengandalkan kursi roda semata untuk bergerak.

Bingung dan diliputi kegalauan termasuk memikirkan biaya operasi, Arman sempat curhat kepada sohibnya, Alec yang kebetulan banyak melakukan uji coba ala off the grid (OTG).

OTG adalah gaya hidup yang melepaskan diri dari jebakan-jebakan modernisasi, alias kembali ke alam asri.

Contoh gaya hidup OTG a.l. semua jenis asupan baik makanan maupun minuman, diupayakan sealami mungkin dengan menghindari makanan dan minuman (mamin) buatan pabrik atau industri.

“Dulu semasa badan sehat ente (anda) sering makan produk-produk pabrikan, baik kalengan, botolan maupun sachetan?” tanya Alec.

“Iya sih. Emang ada pengaruhnya ya, Mas?” tanya balik Arman.

Alec menjelaskan, makanan dan minuman pabrikan umumnya menggunakan pemanis rafinasi. Awam biasa mengenalnya dengan istilah ‘induk gula.’

Hanya dengan satu gram gula rafinasi, produk mamin satu truk bisa dibuat manis, karena kandungan glikemik (gula murninya) yang sangat tinggi.

Info-info tentang bahaya mengkonsumsi gula rafinasi banyak bertebaran di internet a.l. bisa menyebabkan diabetes, serangan jantung, kolestrol tinggi, hipertensi karena memicu gliteserida tinggi dan osteoporosis!

Karena, untuk mencerna gula rafinasi menjadi karbohidrat, tubuh menyedot zat-zat penting dari metabolisme seperti vitamin B kompleks, insulin dan kalsium.

Akibatnya a.l. tulang kekurangan kalsium sehingga mudah rapuh (osteoporosis).

Ironisnya, di saat gula rafinasi dilarang untuk konsumsi rumah tangga, bahkan ada aturan resminya dari satu kementrian, dunia industri mamin justru mengandalkannya sebagai bahan pemanis utama.

Irosnisnya lagi, produk-produk makanan dan minuman pabrikan itu disuguhkan tiap hari lewat tayangan iklan televisi. Bahkan, mayoritas konten iklan TV nasional berisi produk-produk mamin dari industri.

Kementrian yang menangani kesehatan masyarakat, obat dan makanan tidak menganggapnya sebagai  racun atau ancaman kesehatan karena berpatokan kepada teori “ambang batas maksimum” semata mengacu ke WHO.

Teori ini agak kontradiktif dengan fikih Islam bahwa “Jika banyaknya memabukkan, maka sedikitnya juga haram.”

Solusi dari alam

“Lantas, kalau tidak dioperasi, solusi lainnya apa dong, Mas?” kejar Arman.

Untuk kasus yang seperti itu, Alec menjelaskan, dari beberapa riset literatur yang ia pelajari, ada dua solusi yang layak dicoba yakni pete dan kolang-kaling.

Alam sepertinya sudah menyiapkan obat bagi setiap penyakit  yang diderita manusia.

Seorang anggota grup komunitas kesehatan di medsos pernah menulis bahwa manfaat pete sudah diteliti oleh peneliti Belanda sejak zaman penjajahan dulu.

Mereka tertarik karena di pedesaan Indonesia,  rata-rata orang tua sering mengkonsumsi pete ini dan jarang mempunyai masalah tulang.

Rata-rata masalah pada orang tua adalah, proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh kolagen yang terdapat pada kulit, otot, tulang, rambut, kuku.

“Pete juga mengandung albumin, yaitu protein plasma tubuh yang mencapai 60%.  Pete mengandung serat untuk membantu pencernaan, bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya,” bunyi tulisan itu.

Plus, kaum tua di pedesaan terbilang hidup pas-pasan dan tidak konsumtif sehingga banyak mengandalkan buahan dan sayuran yang terdapat di sekitar lingkungannya.

Akses mereka ke produk mamin pabrikan terbilang sangat terbatas dan jarang. Sehingga, tanpa disadari, gaya hidup yang mereka jalani masih alamiah alias OTG!

Selain pete, kolang-kaling ternyata juga bisa jadi solusi menghindari pisau bedah tulang di ruang operasi.

Menurut nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD kolang-kaling memiliki nutrisi tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain tinggi kadar air, kolang-kaling juga tinggi akan kandungan karbohidrat, serat, multivitamin, mineral dan fitonutrisi.

Disebutkan, setidaknya, di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya memperkuat tulang karena kalsium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Sebagai informasi, kebutuhan asupan kalsium orang dewasa berusia 20-50 tahun sekitar 1.000 mg per hari.

“Selain itu, kandungan zat galaktomanan pada kolang-kaling mampu meredakan radang sendi” tulis satu artikel di situs kesehatan Mediskus.

Cukup mengonsumsinya secara rutin, minimal 100 gram kolang kaling setiap hari dengan cara merebusnya tanpa menggunakan gula atau pewarna atau dijadikan manisan dengan menggunakan tambahan gula batu dan daun pandan atau jahe.

“Terima kasih, Mas, atas saran-sarannya,” kata Arman mengakhiri percakapan via Whatsapp sore itu…

(bersambung)

 

 

 

 

Revolusi di depan mata, dimulai dari sekarang!

Pasar-pasar mulai sepi, yang ada hanya penjual buah, sayuran dan daging segar. Supermarket berubah fungsi jadi playground anak-anak balita. Pusat-pusat pertokoan seperti Glodok berubah fungsi menjadi gudang. Keramaian justru terjadi di gardu-gardu ATM dan minimarket yang sudah berubah menjadi loket-loket pembayaran. Begitu juga dengan kios-kios di sepanjang tepi jalan dan warung-warung kelontongan tetangga, ikut-ikutan meramaikan usaha jasa pembayaran dan keagenan.

HAMBALANG (cestarweb): Sistim saluran distribusi konvensional akan rontok. Para pedagang online akan mulai bersaing harga, karena konsumen bisa berhubungan langsung dengan grosir. Tinggal klik  di aplikasi ponsel Android, orang dengan mudah memesan barang apapun lewat online.

Jasa kurir seperti TIKI dan JNE kecipratan durian runtuh. Sesama grosir akan bersaing untuk mendapatkan diskon bagus dari produsen.

Alhasil, ketika produk dan harga mulai bersaing, orang akan berkompetisi di ranah pelayanan, kecepatan waktu pengiriman dan kualitas barang.

Pedagang besar dan kecil akan lenyap ditelan zaman. Peluang pekerjaan dan mata pencarianpun akan semakin langka bagi generasi milenial itu.

Satu-satunya jalan, pencari kerja mesti bisa membuat atau memasarkan produknya sendiri, alias menjadi produsen atau penyedia jasa.

Atau, membuka pujasera-pujasera atau tempat jajanan makanan dan minuman segar. Karena, selagi manusia butuh makan dan minum, warung yang menjual kedua hal itu akan tetap bertahan dalam badai krisis dan perubahan jaman.

Atau, ikut sekalian terlibat dalam mata rantai logistik yang ada dalam system e-commerce tersebut seperti pergudangan & inventory, pengiriman, informasi teknologi (IT), sistem pembayaran dan perdagangan.

Bisnis logistik adalah masa depan, e-commerce adalah revolusi, dan sudah dimulai dari sekarang!

Eksperimen kecil

Untuk memastikan prediksinya itu, Alec, dari gubuk bambu huniannya di pelosok pinggang Gunung Hambalang, Bogor, membuat satu ekseperimen kecil yang melibatkan empat marketplace yang cukup dikenal di Tanah Air yakni Lazada, BukaLapak, Tokopedia dan Shopee.

IMG_20171007_110520

Kali ini produk yang ingin ia cari adalah sejenis braket (mounting) untuk senter agar bisa dipasang di sepeda motor dan senapan angin.

Dalam mencari produk itu, Alec menggunakan sejumlah kata kunci seperti braket senapan, braket sepeda, braket senter dan braket telekop, karena tak semua marketplace menggunakan kata kunci yang sama di database pencarian mereka.

Dari keempat marketplace itu, ia menemukan harga produk tersebut sbb:

Lazada: Rp11.500,-
BukaLapak: Rp5.500,-
Tokopedia: Rp7.250,-
Shopee: Rp7.000

Kenapa yang di BukaLapak bisa paling murah? Karena barang yang dipilih Alec di situ kebetulan memang milik pelapak grosiran.

Kenapa Alec memilih yang di Lazada meski lebih mahal? Karena pertimbangan menu bisa “Bayar di Tempat” yang tertera di katalognya.

Sampai naskah ini ditulis (7/10) barang yang dipesan pada 5/10 itu belum juga sampai (lihat screen shot).

Screenshot_2017-10-07-11-15-20

Dan, Alec tak perlu repot-repot ke loket pembayaran atau ATM, mengingat ‘tempat bertapa’-nya yang di atas gunung! Tinggal klak klik kluk, pesanan diantar, baru dibayar.

Ini membuktikan bahwa, kerap faktor pelayanan (termasuk purna jual) bisa mengungguli faktor harga.

Itu dari segi harga. Kemudian lanjut ke sesi pembayaran.

Hampir semua marketplace di atas menerima pembayaran transfer via bank dan loket pembayaran di minimarket seperti Indomaret dan Alfamaret.

Kecuali Shopee, tidak ada menu bisa dibayar di minimarket di sana. Boleh jadi, karena Shopee terhitung pemain baru dari luar dan belum sempat menjalin kerjasama dengan minimarket dimaksud.

Berbeda dari Lazada yang untuk barang-barang tertentu bisa dibayar di tempat, Shopee unggul dalam gratis ongkos kirim (gratis Ongkir) untuk nilai transaksi minimal tertentu.

Jika mentransfer dari beberapa bank dimana rekening penjual sama dengan rekening pembeli, maka pembayaran tidak dikenakan biaya.

Contoh, semua marketplace menyediakan akun BCA, bahkan ada yang berbentuk akun virtual seperti Shopee. Pembeli tinggal memasukkan kode transaksi sebagai pengenal akun virtual Shopee di BCA.

Berbeda dari loket-loket pembayaran seperti Indomaret yang mengenakan biaya Rp2.500 atau di POS Pay sebesar Rp3.000, misalnya, pada tiap pembayaran.

Pada dasarnya, pembeli melihat harga dulu sebagai faktor pertimbangan awal. Berikutnya baru pelayanan.

Siapa yang bisa memberikan experience value yang positif bagi buyer-nya, itulah yang akan tampil sebagai pemenang.

Karena experience value yang positif akan mendatangkan loyal customer dengan sendirinya.

“Mempertahankan satu konsumen yang ada, lebih penting daripada mencari 10 konsumen baru,” tutur Alec suatu kali kepada siswa-siswanya di depan kelas.

Fenomena milenial

Alec termasuk generasi jadul, penikmat romantika jalan-jalan di pasar walau sekadar window shopping di sidewalk etasase-etalase toko.

Tidak begitu halnya dengan dua anaknya, Akong dan Dayong, dua generasi milenial.

Tahun lalu, ketika hendak naik ke kelas tiga SMU, Akong minta dibelikan sepatu pantovel hitam buat sekolah.

Alec lantas mengajak Akong jalan-jalan sore menikmati hawa petang kaki gunung Tampomas. Jalan kaki saja, dari rumah melewati pasar ke arah batas pusat kota, mencari agen sepatu Cibaduyut.

Mulanya Akong enggan ikut. “Lebih dicari online saja,” katanya.

Meski Akong ogah-ogahan berjalan di sepanjang emperan pertokoan, ia tetap ikut juga, karena paham kemauan papanya sulit dibantah.

Kios yang dimaksud akhirnya ketemu, posisinya pas di ujung gerbang masuk pusat kota. Jarak dari rumah ke kios tersebut tidak kurang tiga kilometer!

Sepatu yang dicari ketemu, sudah dibanderol Rp170.000,- jadi nggak perlu banyak buang waktu dengan tawar-menawar segala.

Akong (paling kanan) bersama papa Alec dan Ayong (pangku depan) saat berkunjung ke Pantai Malin Kundang, Padang, 2002. Kedua bocah kecil itu kini sudah tumbuh menjadi pemuda dan pemudi milenia.

Akong (paling kanan) bersama papa Alec dan Dayong (pangku depan) saat berkunjung ke Pantai Malin Kundang, Padang, 2002. Kedua bocah kecil itu kini sudah tumbuh menjadi pemuda dan pemudi milenial.

Tempo hari saat hendak mengikuti orientasi prakampus, Akong perlu sepatu baru. Kali ini jenis sepatu sport.

Adiknya, Dayong yang baru kelas tiga SMU langsung ambil inisiatif, mencari barang yang dimaksud di empat e-commerce penyedia marketplace tersebut di atas.

Setelah membanding-bandingkan harga, akhirnya ketemu yang paling murah di salah satu marketplace tersebut, Rp70 ribu.

“Dede suka begitu (membandingkan harga terlebih dulu) sebelum memutuskan membeli,” lapor Dayong bangga via whatsapp.

Dalam hati Alec mengakui, harga itu termasuk murah di pasaran untuk sepatu olahraga dewasa mengingat ukuran kaki Akong 43.

Dan, serta-merta sebutir kristal bening mengucur di pipinya, teringat nasib yang bakal menimpa para pedagang sepatu di pasar-pasar tradisional dan agen Cibaduyut langganannya.

Man jadda wa jada,” bunyi satu pepatah Arab.
Wallahu ta’ala ‘alam bi sh showab.

Ali Cestar
Penulis adalah pemerhati TI tinggal di Hambalang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belajar dari pelosok, cara berdemokrasi tanpa mahar

Nama yang tercantum di layar ponselnya cukup familiar. Bedul, (bukan nama sebenarnya), tumben menghubungi Alec. Karena jarang menerima panggilan telpon dari konco lamanya itu, sore itu ponsel langsung dia angkat.

DEPOK (cestarweb): “Lec, lu malam ini ada waktu nggak? Bisa mampir ke kios sebentar, ada yang mau saya diskusikan,” kata Bedul di seberang telpon.

Orang-orang di sekitarnya bisa memanggil namanya dengan sebutan Bang Bedul. Pria kelahiran Lamongan itu, dikenal sebagai RW tajir di lingkungan tempat tinggalnya.

Terakhir kali bertemu dengan pria berkepala cepak ala Apache itu sekitar lima tahun lalu ketika Alec dimintai pendapat tentang plus minus perlu tidaknya pemasangan sentra anjungan tunai mandiri (ATM) di ruko miliknya.

Selepas Isya, Alec memacu motor bututnya ke ruko Bang Bedul. Suasana masih tampak sepi, karena biasanya pada malam minggu suasana di ruko mulai ramai pukul 10.00 malam, saat pentas musik rock mulai digelar.

Setelah berbasa-basi dengan menawarkan makanan dan minuman dari gerai-gerai yang ada di komplek ruko tersebut, Bang Bedul memulai percakapan.

“Gua ditawari oleh Partai (anu) untuk jadi caleg di Depok. Tapi gua harus menyiapkan mahar Rp500 juta buat pengurus partai (DPD),” tutur Bang Bedul.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak jaman reformasi bergulir, partai-partai kerap menawarkan posisi caleg kepada orang-orang yang dianggap tajir dan berada dengan kompensasi membayar ‘mahar politik.’

FB_IMG_1493026401605

Di luar itu, Sang Caleg mesti harus menyiapkan lagi dana kampanye untuk mempromosikan dirinya ke tengah masyarakat, biasanya dibantu oleh mesin-mesin partai di wilayah dapil caleg tersebut.

Alhasil, tak sedikit caleg gagal yang mengalami stres dan depresi bahkan ada yang sampai gila karena terlibat utang di sana-sini, demi mewujudkan ambisinya itu.

Sementara caleg yang berhasil lolos ke gedung dewan, mulai menghitung-hitung bagaimana agar bisa cepat ‘balik modal’ dan kalau bisa ‘untung besar’ dari kursi dewan yang ia duduki.

Selain caleg, praktik mahar ini juga sering diterapkan terhadap calon bupati, walikota dan gubernur yang hendak bertarung di pilkada-pilkada.

Jadi, begitu mereka berhasil mendapatkan jabatan kepala daerah, maka sering urusan perijinan dan lelang proyek-proyek di daerah dijadikan lahan basah untuk menumpuk pundit-pundi pribadi dan partainya.

FB_IMG_1488866946303

Kalau hari ini kita dapati banyak kepala daerah yang diseret KPK karena terlibat korupsi, pungli atau gratifikasi, itu semua tak lepas dari proses awal demokratisasi yang kita bangun selama ini.

Bang Bedul terlihat termangu-mangu mendengar cerita Alec, sambil menghirup minuman favoritnya, jus lemon, sajian yang sama yang dihidangkan buat Alec.

“Lantas dalam kasus Ane, gimana dong solusinya?” tanya Bang Bedul.

“Jawabnya simpel saja Bang, tidak perlu! Karena tingkat elektabilitas orang tak bisa hanya karena orang itu dikenal sebagai RW tajir di lingkungannya. Untuk  Dapil Depok paling tidak Abang mesti punya basis massa di dua atau tiga kecamatan. Kalau tidak, usaha Abang hanya akan sia-sia belaka menghabiskan duit dan waktu dengan percuma,” tandas Alec.

Bahasa gaulnya, “Mbok ya bercermin dulu deh, Bang” batin Alec.

Belajar dari pelosok

Meski jaman sekarang identik dengan hal yang serba konsumerisme dan materialisme, tapi di beberapa pelosok nagari (daerah) masih ditemukan praktik pengangkatan pemimpin, dalam hal ini disebut panghulu atau Datuk di mana calon datuk tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

Nama-nama nagari tidak perlu disebutkan, guna menghindari kecemburuan lokalitas.

Di Sumatera Barat, ada beberapa hal dalam tradisi adat mereka yang bisa dijadikan acuan solusi dalam menyikap biaya berdemokrasi yang ‘mahal,’ adalah tiga hal berikut.

  1. Mambangkik batang tarandam (membangkit batang terendam).

Batang yang terendam identik dengan material yang sangat kuat, tahan lama dan bernilai tinggi dan sering dijadikan bahan utama untuk mendirikan sebuah bangunan, dalam hal ini adalah Rumah Gadang.

Ini berlaku ketika gelar pusaka (datuk) telah lama dianggurkan. Mungkin, karena terputusnya keturunan laki-laki, atau bisa juga karena terbentur pada biaya malewakan gala (prosesi pengangkatan gelar datuk) yang belum ada. Terjadi kevakuman dalam waktu yang cukup lama.

Setelah sumber-sumber dana berhasil digali (batang tarandam) dan tokoh yang dianggap layak menjadi datukpun sudah siap, maka dimulailah acara malewakan gala tersebut.

  1. Mangambangkan nan talipek (membuka lipatan)

Ini artinya menghidupkan kembali status sosial atau gelar pusaka adat yang sudah lama tidak dipakai.

Biasanya disebabkan karena belum adanya kesepakatan tentang calon yang dianggap tepat untuk diangkat sebagai panghulu / datuk, mungkin karena faktor Si Calon belum cukup umur, dll.

  1. Manurunkan nan tagantuang (menurunkan yang tergantung)

Pada hakikatnya kurang lebih sama dengan poin 1 dan 2 yakni karena alasan-alasan tertentu baik faktor usia maupun biaya, rencana batagak gala (peresmian gelar datuk) sempat menjadi tertunda alias menggantung untuk waktu lama.

Dari ketiga poin diatas dapat dicermati bagaimana masyarakat Minangkabau sangat berhati-hati dalam menentukan pilihan siapa pemimpin yang pantas buat mereka, dan tak memaksakan diri jika belum siap.

Selain itu, segala biaya yang timbul akibat pemilihan pemimpin itu, ditanggung renteng secara gotong-royong oleh anak kamanakan (karib kerabat dalam kaum).

Sehingga, Si Calon tidak terbebani oleh biaya mahar politik apapun dan tak ada konsekuensi mesti ‘balik modal’ apalagi ‘cari untung’ dalam menjalankan jabatannya, sebagai satu amanah publik.

Ali Cestar
Penulis adalah pemerhati sosial politik, berdomisili di Hambalang, Bogor.

Berjuang sendiri sejak jaman Belanda, sudah menjadi takdir PT Pos kah?

Tubuhnya mulai ringkih karena dimakan usia. Pandangan matanya sudah tak berfungsi lagi karena operasi katarak yang kurang berhasil. Meski begitu, langkah kakinya selalu tegap berjalan ke masjid setiap azan berkumandang. 

SUMEDANG (cestarweb): Haji Emed oleh tetangga satu RT di bilangan Jalan Kebonkol, Sumedang lebih dikenal sebagai imam masjid.

Lelaki tua kelahiran 1939 itu menjalani masa pensiunnya dengan tabah, meski kezaliman demi kezaliman sebagai buah dari kebijakan pemerintah, terus dia alami.

Dengan uang pensiunan yang tak mencapai Rp1 juta per bulan, Haji Emed merasa PT Pos dianaktirikan oleh pemerintah, karena standar ganda kebijakann status pegawai dan pensiunan PT Pos yang tidak setara dengan BUMN lain seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), misalnya.

Meski sama-sama BUMN, berbeda dari PT KAI yang pegawainya sempat menikmati masa pensiun sebagai PNS ketika jawatan itu berubah status menjadi persero, pegawai PT Pos justru diturunkan statusnya menjadi karyawan swasta.

Dalam sejarahnya, PT Pos telah mengalami beberapa kali perubahan nama.

PT Pos berdiri pada 1931 dengan nama Jawatan PTT. Pada 1962 berubah menjadi PN Postel dan berubah lagi pasca G-30S-PKI 1965 – 1978 menjadi PN Pos dan Giro.

Sejak 1978 hingga 1995, Pos menggunakan nama Perum Pos dan Giro sebelum menjadi PT Pos dan Giro sejak 1995 sampai sekarang sesuai PP Nomor 5 Tahun 1995.

“Dulu setiap laba Pos kami setor ke pemerintah.Kini, loyalitas kami kurang dihargai. Pensiun yang kami terima tidak sampai 30% dari pensiun PNS,” keluh Haji Emed, yang diangkat sebagai pegawai Pos pada 1960.

Dari segi peluang bisnis, PT Pos juga terkesan jauh dari perhatian pemerintah.

Berbeda dari BUMN lainnya seperti Garuda Indonesia, misalnya, yang kerap mendapat suntikan modal meski merugi, PT Pos justru harus berjuang menggali peluang bisnisnya sendiri.

Sejak lesunya arus pengiriman surat dan wesel, PT Pos terus  menggali sumber-sumber pendapatan baru seperti membuka gerai Pospay dan Pos Logistik.

Satu-satunya competitive advantage yang masih dimiliki PT Pos hingga kini adalah kekuatan jaringannya yang menjangkau hingga ke kawasan-kawasan pelosok di Tanah Air.

Kekuatan jaringan inilah yang sering dilirik oleh usaha jasa pengiriman seperti TIKI & JNE, misalnya, yang menjadikan PT Pos sebagai mitra perpanjangan tangan delivery mereka untuk menjangkau pelosok.

Selain kecilnya nilai pensiun, Haji Emed juga merasa dizalimi dalam hal pelayanan kesehatan seperti BPJS.

Oleh PT Pos, pensiunan golongan 3A berpangkat PNMPos itu hanya diberi tunjangan untuk BPJS Rp65 ribu per bulan.

“Karena dirujuk oleh dokter umum ke dokter ahli, harus antre di klinik sekian lama dan ujung-ujungnya harus beli obat sendiri di luar yang harganya di atas Rp100 rb karena BPJS hanya memberi obat sesuai standar pelayanan minimal.

Bahkan ada teman pensiunan saya yang mengalami masalah kesehatan serius yang harus antre berjam-jam di rumah sakit, ujung-ujungnya hanya mendapat obat parasetamol,” tutur Haji Emed yang menjalani pensiun sejak 1995.

Masalah melaratnya hidup para pensiunan PT Pos itu sebetulnya bukanlah isu baru.

Pada 2012, masih jaman pemerintahan SBY, 1.000 pegawai PT Pos pernah menggelar unjuk rasa di Jakarta menuntut kesetaraan hak pensiun dengan PNS lainnya.

Pada tahun yang sama, masalah yang menderita 17.000 lebih pensiunan PT Pos pernah dengan lantang disuarakan oleh Rieke Diah Pitaloka di Komisi IX DPR RI.

Waktu itu, pensiunan PT Pos menerima uang pensiunan terendah Rp230 ribu dan tertinggi Rp780 ribu, bandingkan dengan PNS lain pada level (pangkat & jabatan) yang sama yang menerima terendah Rp1.500.000 dan tertinggi Rp2.700.000.

“Yang diterima Pensiunan Pos Indonesia itu sudah sangat tidak layak. Jauh dari cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari dimana harga sembako meningkat setiap saat. Ini membuat para pensiunan itu tak memiliki daya lagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya,” kata Rieke seperti dikutip Beritasatu.com.

Dalam dasawarsa terakhir, gaji PNS sipil maupun TNI/Polri, telah terjadi paling tidak telah mengalami lima kali kenaikan gaji hingga 10% tiap kenaikan.

Namun tidak demikian halnya dengan PT Pos.

Pada 2015, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sempat juga mengkaji masalah tersebut, namun hingga kini tidak jelas follow-up nya bagaimana.

“Apa memang takdir kami untuk terus berjuang sejak jaman Belanda sampai sekarang ini?” tanya Haji Emed.

Standar ganda kebijakan pemerintah juga dialami cucunya belum lama berselang.

Akong, cucu kesayangan lelaki 78 tahun itu yang baru lulus SBMPTN, diharuskan membayar uang  kuliah hampir Rp4 juta per semester di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, atau kurang lebih sama dengan rata-rata uang kuliah di perguruan tinggi swasta seperti UIN Solo, misalnya.

Usut punya usut, ternyata pihak rektorat tidak menyetujui program Bidik Misi cucunya itu, meski sudah dilengkapi dengan slip gaji Rp2 juta / bulan dari kantor tempat orang tuanya bekerja.

“Kalau toh uang kuliahnya sama dengan swasta, apa poin nya lulus SBMPTN dan kuliah di negeri?” kata Sumijati, putri sulung Haji Emed.

Boleh jadi, keluarga Haji Emed memang sudah ditakdirkan untuk terus berjuang melawan ketidakadilan di dalam negeri Bumi Pertiwi ini.

Dalam bisu, Haji Emed terus melangkah menuju masjid favoritnya, tempat ia bebas melampiaskan semua keluh kesahnya kepada Sang Pemilik jagad semesta…

Ali Cestar
Penulis adalah redaktur media logistik, berdomisili di Hambalang

 

 

Isu komunis di antara warisan status quo & bayang-bayang sosialisme

Mungkin hanya segelintir orang yang paham arti kata ‘persbiro.’ Bagi Mas Bud yang ketika itu diserahi tugas mengembangkan desk baru, transportasi, kata itu lazim digunakan ketika mengkompilasi sejumlah naskah dari beberapa sumber sekaligus. Tujuannya semata demi efiensi redaksional sehingga semua sumber berita tak perlu disebutkan satu persatu.

JAKARTA (cestarweb): Namun bagi Alec, salah seorang bawahan Mas Bud di desk yang sama di koran ekonomi tersebut, kata ‘persbiro’ identik dengan romantisme masa-masa perjuangan anak negeri jajahan.

Menurut Wikipedia.org, nama Persbiro identik dengan Indonesische Persbureu (IP) atau Persbiro Indonesia, didirikan oleh RM Soewardi Soerjadiningrat yang kemudian lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara.

Persbiro didirikan di Den Haag pada Nopember 1913 dan pada awalnya dimaksudkan sebagai sumber finansial bagi keluarga Ki Hadjar. Namun kemudian, Persbiro berkembang menjadi alat propaganda dan pejuangan kaum pergerakan Indonesia di Belanda.

Pada 31 Maret 1951, setelah proses nasionalisasi, Belanda menyerahkan kantor berita Algemeen Niews en Telegraaf Agentschaap (Aneta) kepada Yayasan Persbiro Indonesia yang berlangsung secara bertahap hingga 1955.

Pada 6 Nopember 1954, Pers Biro Indonesia (PIA) resmi berdiri dan menunjuk BM Diah sebagai ketua pengurus yayasan sementara Djamaludin Adinegoro sebagai Pemimpin Umum.

IMG_20170818_072019

Pada 13 Desember 1962, PIA dilebur dengan Antara sementara kantor-kantor berita kecil seperti Asian Press Board (APB) dan Indonesian National Press & Publicity Service (INPS) dibubarkan, menyusul keluarnya UU Press No II yang hanya membolehkan satu kantor berita tunggal, bernama Antara.

Pada saat yang sama, komunisme sedang bergelora di Tanah Air. Partai Komunis Indonesia (PKI) sepertinya mendapat tempat khusus dalam pemerintahan Ir Soekarno,  bahkan mencetuskan Nasakom, singkatan dari Nasional, Agama, Komunis, seakan di wilayah NKRI hanya diakui tiga kekuatan politik itu saja.

PKI merupakan pendukung utama gagasan Nasakom. Bahkan partai itu tak segan-segan melibas partai berhaluan yang sama, Partai Murba (Musyawarah Rakyat Banyak) yang didirikan oleh tokoh kiri, Datuk Tan Malaka.

Bung Karno kemudian membubarkan Partai Murba berdasarkan laporan PKI bahwa Murba telah memfitnah PKI hendak melakukan kudeta menjelang September 1965.

Oleh pemerintahan Soeharto, pada 1971 Partai Murba direhabilitasi dan sempat ikut Pemilu pada 1971. Baru pada Pemilu 1977, partai itu dilebur ke dalam Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Dan pada Pemilu 1999, Partai Murba muncul lagi dengan nomor urut 31, namun tercampak dari daftar kontestan pemilu berikutnya karena tidak lolos electoral threshold. Sempat ganti jaket menjadi Partai Murba Indonesia pada 2009, namun tak lulus seleksi untuk ikut Pemilu.

Kembali ke masalah Persbiro, ternyata istilah itu tidak hanya dimonopoli oleh awak pers saja. Partai Komunis ternyata juga menggunakan istilah Persbiro sebagai bagian dari struktur partai.

Dalam Partai Komunis, termasuk di Rusia dan Cina, dalam struktur partai terdapat dua corong utama yakni Politbiro yang mengurusi bidang politik dan pemerintahan serta Persbiro yang mengurusi bidang ideologi dan propaganda.

Mengetahui akan hal ini, Alec sebagai penggagas Persbiro.com berada dalam posisi dilema.

IMG_20170818_095751

Akankah tempat tongkrongan teman-teman penulis, eks wartawan, webmaster, copy writer, penerjemah dan redaktur freelance ini akan diteruskan sebagai satu brand usaha?

Khawatir akan jadi korban fitnah menjadi bagian kebangkitan komunisme di Tanah Air, akhirnya Persbiro.com dibiarkan terlantar dan di homepage situs itu kini hanya terpampang spanduk pemasangan parabola gratis berlangganan, sebagai bagian dari semangat kebebasan informasi di abad milenal ini.

Kalau Anda punya gagasan cemerlang tentang bagaimana optimalisasi situs tersebut, silakan hubungi Sang Founder di 0821-5531-5751 via Whatapps.

Dilema yang sama juga dialami oleh paham sosialisme di Indonesia. Sebagian orang beranggapan paham sosialisme dekat kepada komunisme alias lebih ke kiri.

Sementara bagi sebagain lain, sosialisme merupakan inti ajaran Islam dan lebih dekat ke paham kanan.

Cukup membingungkan bukan?

Sementara istilah komunis itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris seperti commune (kelompok yang hidup bersama), communal (yang berhubungan dengan kepaguyuban), dan community (himpunan atau masyarakat).

Hal inilah yang pernah dipertegas oleh Bung Karno tentang pengertian ‘komunis’ yang oleh kalangan awam di masa itu kerap diasosikan dengan atheis atau kaum yang tak mengenal Tuhan.

Bagi Bung Karno, komunisme hanyalah satu ideologi yang merekat negara kesatuan bernama Uni Soviet, sementara atheisme itu sendiri hanya dianut oleh masyarakat di negara bagian bernama Rusia saja.

Karena, banyak negara-negara bagian lain di Uni Soviet yang justru mayoritas menganut ajaran Islam, seperti Tajikistan, Uzbekistan, dll.

Meski berbeda istilah, kedua ideologi (komunisme & sosialisme) memiliki satu common ground yaitu mengalami sejarah pahit dengan praktik-praktik kapitalistik.

Jadi tidak heran, seorang Datuk Tan Malaka, putra Minang yang dikenal sebagai pejuang kemerdekaan beraliran kiri, lebih memilih dirinya disebut sosialis ketimbang komunis, karena kesalahpahaman arti ini.

Itu menjelaskan kenapa Tan Malaka keluar dari PKI dan mendirikan partai sendiri, Murba, yang kemudian hari menjadi salah satu musuh politik PKI.

Bagaimanapun, komunisme dan sosialisme masih memiliki musuh bersama, bernama kapitalisme, yang menjadi dasar menjamurnya gerakan-gerakan anti-kapitalistik seperti solidaritas buruh dan ormas-ormas akar rumput lainnya.

Artinya, kalau ada pihak-pihak yang anti kepada kebangkitan komunisme dan sosialisme, bisa dipastikan berasal dari kelompok-kelompok kapitalistik yang cengkeramannya sudah mengakar sejak kelompok modal diberi tempat di Tanah Air.

Bahkan di negara komunis seperti Cina sekalipun, kelompok kapitalistik tetap diberi tempat dalam aktivitas perekonomian, meski eksistensi mereka belum diakui secara terang-terangan alias masih malu-malu.

IMG_20170818_090829

Kontroversi tentang ancaman kebangkitan komunisme di Indonesia bermuara pada satu hal, penegasan akan arah dan tujuan platform politik & perekonomian bangsa ini, mendukung kapitalime global atau mencari konsensus baru yang lebih komunal dan sosialistik, dan mungkin saja lebih islami.

Yang jelas, kelompok status quo yang selama ini telah menikmati gurihnya kue kapitalistik di Republik ini, tak akan rela kenyamanan mereka terganggu oleh bayang-bayang sosialisme yang sengaja dilabeli komunis biar terkesan lebih angker dan seram di tengah masyarakat.

* Penulis adalah pemerhati ideologi, mantan wartawan, berdomisili di Hambalang, Bogor     

Makan bubo, tradisi sebelum jumatan di masjid

Perihnya persendian lutut kiri karena asam urat kembali kambuh tak menyurutkan langkah kaki lelaki itu untuk terus menyusuri lorong shopping mall Vivo yang letaknya di samping kompleks pertokoan Harbour.

SINGAPURA (cestarweb): Jumat 18 Agustus, Alec dan tiga orang kawan pria sesama alumni kelas 1 SMA Negeri 2 Padang, mesti menemukan masjid terdekat untuk menunaikan sholat Jumat.

Terlihat banyak hal yang sudah berubah total, dibandingkan era 1993 ketika pertama kali Alec menginjakkan kaki di negara pulau itu. Masa itu, dekat pelabuhan feri Singapura yang ada hanya World Trade Center (WTC).

Itu jaman jadul, ketika fiskal luar negeri masih berlaku di RI. Banyak WNI masuk Singapura masa itu lewat laut menggunakan feri menimbang fiskal lebih murah, cuma Rp500 ribu, bandingkan dengan fiskal udara Rp1 juta.

IMG_20170818_114501

Suasana santap bubur kacang hijau yang disediakan dekat tempat wudhu di Masjid Temenggong Daeng  Ibrahim, aset milik Sultan Johor, Malaysia yang berada di Jalan Telok Blangah, Singapura. Terlihat teman alumni, Efrizel (kanan, berkaca mata, bercelana jeans, berkaos alumni) sedang menyingsingkan kaki celana bersiap mengambil wudhu.

Kini di jaman milenial, apalagi sejak berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), arus pergerakan manusia di antara sesama warga negara-negara Asia Tenggara semakin bebas. No fiscal, no visa!

Cukai pun hanya berlaku untuk komoditas tertentu saja. Alhasil, banyak penduduk Batam memanfaatkan waktu pulang-pergi ke dan dari Singapura setiap hari untuk berbagai alasan, mulai dari bekerja, ambil upah harian, berdagang, piknik dan segala macamnya.

Lelah mutar-mutar tanpa hasil, jangankan masjid jami’, mushola pun tak ketemu. Itulah risiko berada di negara sekuler. Jangan bandingkan dengan mall-mall di Indonesia, mushola selalu tersedia, meski letaknya di pojok-pojok pertokoan atau di ruang basement.

Akhirnya ada teman ambil inisiatif, bertanya ke seorang pedagang yang perawakannya mirip Melayu India, dan kemungkinan besar pasti Muslim. Bingo! ternyata benar, dia Muslim dan memang tengah bersiap-siap hendak jumatan juga.

“Mau Jumatan? Ikuti saya saya. Saya juga mau sholat Jumat. Tak jauh dari sini, tinggal keluar kompleks, menyeberang jalan sikit,” katanya dengan logat campuran Melayu Indonesia.

Agaknya, dia sudah terbiasa melayani konsumen dari Indonesia yang memang di akhir pekan sering membanjiri tempat itu, terutama penduduk Batam yang posisinya hanya satu jam perjalanan feri saja ke Singapura.

“Aha, dekat saja, tinggal menyeberang jalan,” batin Alec mencoba menguatkan diri, mengingat rasa ngilu persendian lutut yang semakin parah, apalagi sejak dari pelabuhan ‘dipaksa’ berjalan kaki ke Pulau Sentosa untuk selfie-selfie alumni. Senang tapi tersiksa, begitulah rasanya.

Rasa pegal, ngilu, sakit, nyeri semua itu terobati ketika sampai di Masjid Temenggong Daeng Ibrahim. Untuk mudahnya, sebut saja dengan masjid Sultan Johor. Riwayat masjid ini cukup kompleks, sejak masa Sir Stanford Raffles, pendiri Singapura, masih hidup dan berkuasa. Masa di mana Singapura adalah bagian dari wilayah kekuasaan kesultanan Riau yang masa itu diwakili oleh Temenggung (wakil Sultan) Johor.

Intervensi Inggris menyebabkan Singapura menjadi tanah sewaan koloni dengan masa kontrak 999 tahun dengan Kesultanan Riau yang diwakili Sultan Johor, sekarang negara bagian Malaysia.

Sebelum dibangun masjid oleh Temenggong  Daeng Ibrahim, kawasan masjid itu adalah kompleks istana kesultanan Melayu Johor. Sampai kinipun, Sultan Johor kerap berkunjung ke masjid tersebut untuk menunaikan sholat Jumat.

Karena menjadi aset Malaysia, masjid itu dikelola langsung oleh Johor Religious Department, bukan oleh Majelis Ugama Islam Singapura. Di sektretariat masjid, berkibar sejumlah bendera Malaysia.

IMG_20170818_114947

Bubur kacang hijau atau ‘bubo’ yang rasanya sangat manis satu paket dengan sirup yang rasanya pas, tidak terlalu manis, mungkin karena kalah oleh manisnya rasa bubo tersebut.

Sambil membuka sepatu, Alec memperhatikan seorang bapak yang makan dari sajian dengan lahapnya, bahkan itu kali kedua di menambah. Bebas saja. Sekenyang Anda mau, karena sajiannya cukup banyak, dua tong besar.

Karena pemandangan itu terbilang hal baru bagi Alec, apalagi di pelataran masjid menjelang Jumatan, iapun bertanya ke bapak tua itu, “Makan ape tu Pak Cik?”

Jawabnya singkat saja, “bubo.”

Alec langsung paham. Bubo adalah logat Melayu untuk bubur. Alecpun bangkit dari duduk dan mengambil gelas plastik yang tersedia. Bubur kacang hijaunya masih terasa panas. Ia diamkan sesaat sebelum mencobanya.

Hm maknyus juga. Di samping bubur, juga ada dua tong besar berisi minuman. Setelah dituangkan ke gelas plastik, ternyata isinya sirup berwarna merah (lihat gambar).

Menurut seorang jemaah yang rutin jumatan di situ, masjid tersebut memang sering menyajikan hidangan setiap Jumat. Bahkan di bulan Ramadhan, katanya, hidangan yang disajikan lebih banyak dan beragam lagi, karena kontribusi para jemaah yang hendak bersedekah selama bulan puasa.

Coba bayangkan, orang Indonesia menunaikan sholat Jumat di masjid Sultan Johor dengan tradisi makan ‘bubo’-nya di tanah sekuler Singapura. Terasa sekali nuansa ikhwanul muslim-nya. Itulah pelipur lara yang unik yang paling dirasa.

IMG-20170818-WA0074

Empat alumni kelas 1-4 SMAN 2 Padang (Bachiempex Smanduo89) dari kiri berkaos alumni, Alec (Depok), Harry (Batam), Artison (Bekasi) & Efrizel (Surabaya) menyempatkan diri berkumpul-kumpul di Singapura memanfaatkan liburan akhir pekan sejak 17 Agustus 2017.