Ketika Sang Jeego berani beri jaminan

Tangannya yang kecil kurus dengan cekatan mengusap permukaan gandaran printer digital dari noda-noda tinta yang berceceran dengan kain lap. Setelah yakin permukaan pulley itu bersih, Sutaryo beranjak ke panel control untuk melakukan beberapa setingan di sistem komputer mesin cetak digital itu.

IMG_20180709_104934

Hari itu, Sutaryo kedatangan tamu istimewa. Seorang calon legislatif yang hendak memesan baliho dalam jumlah banyak untuk keperluan kampanye. Sempat terjadi dialog sebagai berikut:

Caleg: Saya mau cetak baliho dalam jumlah cukup banyak. Tapi sebelumnya, saya perlu tahu harganya dulu.

Sutaryo: Sesuai namanya, Jeego (baca: jigo) yang artinya 25, harga per meter perseginya Rp25.000,- dengan pesanan minimal 100 meter. Sengaja dinamai begitu biar gampang diingat pasar.

IMG_20180709_110000

Caleg: Dengan harga segitu, apa kelebihan Jeego dibanding cetak digital lain?

Sutaryo: Kualitas bahan standar flexy, tidak terlalu tebal, juga tidak super tipis. Solution warna yang kami pakai tajam dan awet, tak mudah luntur jika terkena hujan dan panas matahari. Kami berani menjamin warna dan bahan bertahan hingga dua bulan! Sementara yang lain hanya sanggup bertahan dalam hitungan beberap hari saja.

Caleg: Ada satu lokasi cetak digital di Jakarta yang bagi spanduk caleg berani kasih harga lebih murah, apalagi untuk orderan partai. Gimana?

Sutaryo
: Kami pernah cek ke situ. Ternyata, bahan fleksi yang dipakai sangat tipis sehingga mudah sobek. Selain itu, setingan solusi gambar maksimal hanya sanggup resolusi 72 dpi maksimal (warna agak buram), sementara kami menggunakan standar resolusi di atas 100 dpi (warna lebih tajam).

IMG_20180709_105306

Walaupun hanya dipakai untuk waktu singkat saat kampanye, tapi mbok ya jangan juga cuma tahan beberapa hari saja. Kami rasa, masa kampanye bisa berlangsung dalam hitungan mingguan bahkan bulanan.

Caleg: Saya mau order partai banyak, paling tidak 1.000 lembar baliho. Kalau dihitung dalam meter persegi, bisa jadi ribuan meter persegi. Masa tidak ada diskon?

Sutaryo: Rp25 ribu per m2 adalah harga terbaik yang bisa kami beri dan sudah fixed. Itu menimbang komponen harga bahan termasuk flexy dan tinta. Di bawah harga itu, operasional mesin pasti terganggu. Usaha tak akan jalan. Meski marjin tipis, yang penting kami jangan rugi, konsumen juga tidak kemahalan. Itu pasti.

Jeego Digital Printing
Kp Tajurtapos RT 22 RW 07 No 36 Hambalang, Citeureup, Bogor
0821-5531-5751 (WA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s