Tips pengurusan paspor di kantor imigrasi Depok

Jika Anda warga Depok hendak mengurus paspor di Kantor Imigrasi Depok dan berharap diprioritaskan, Anda akan kecele. Kenapa? Karena pelayanan di Kantor Imigrasi tidak mengenal prioritas wilayah. WNI berdomisili di daerah manapun bisa mengurus paspor di kantor imigrasi mana saja.

DEPOK (cestarweb): Bagi Alec, seorang warga Depok, yang berangkat dari rumah sejak habis subuh dan ikut antrian sejak pukul 05.30 WIB di Kantor Imigrasi Depok, perlakuan ini terkesan kurang adil.

Karena, meski datang pagipun, ternyata antrian sudah panjang dan ia berada di barisan paling belakang.

Pada hari Kamis 6 Juli 2017 itu, sesuai pengakuan pegawai kantor tersebut, memang warga Depok yang datang mengurus paspor hanya segelintir.

Ramenya antrian justru umumnya berasal dari penduduk Jakarta Selatan dan Kota Bogor yang sengaja datang ke Imigrasi Depok karena kantor imigrasi di wilayah mereka selalu membludak.

Menurut pengamatan Alec, standar pelayanan tiap pegawai bagian pengambilan data sekitar 30 dokumen per hari.

Jika satu kantor memiliki 7 (tujuh) fasilitas sidik jari dan pengambilan foto, maka jumlah pemohon yang bisa dilayani maksimal per hari adalah 7×30=210 pemohon.

Inti pelayanan terletak pada pengambilan data pemohon. Ini termasuk wawancara, pengambilan sidik jari dan foto di ruangan yang sama.

Berada di urutan 10 terakhir, membuat Alec berpikir panjang apa yang harus dilakukan sembari menunggu nomor antriannya dipanggil, yang diperkirakan bisa menunggu berjam-jam sebelum gilirannya tiba.

Waktu tunggu ia menfaatkan untuk sholat zuhur di masjid terdekat. Usai sholat, Alec menyempatkan makan siang di kantin belakang.

Di Kantor Imigrasi Depok, tersedia speaker di sekeliling gedung sehingga pemohon bisa mendengar tiap nomor antrian yang dipanggil.

Celakanya, di kantin belakang, speaker alias pengeras suara tidak ada, sehingga Alec tidak tahu kalau nomor antriannya sudah dipanggil.

Waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 sore ketika Alec melangkah masuk ke dalam ruang tunggu dan kaget karena nomor antriannya sudah terlewati.

“Maaf, Bos, saya sedang makan siang di kantin belakang dan nggak dengar nomor dipanggil karena di situ tak ada speakernya,” kata Alec menyampaikan protes lewat satpam ruang foto.

Si Satpam lantas masuk dan terlihat berkoordinasi dengan seorang petugas di dalam. Tak lama kemudian, Si Satpam mempersilakan Alec masuk.

Oh ya, soal antrian, alangkah baiknya sebelum Anda ke kantor imigrasi segala persyaratan dipersiapkan terlebih dulu selengkapnya.

Syarat utama adalah KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau ijazah SD/SMP/SMA, bukan ijazah sarjana karena tidak ada keterangan ortunya, semua asli dan fotokopi dibawa dan jangan lupa meterai.

Karena, di belakang gedung juga  terjadi antrian foto kopi dan pembelian meterai.

Walau cuma hendak membeli meterai, Anda tetap harus antri di barisan karena fotokopi dan meterai dilayani oleh satu loket yang sama.

Usai pengambilan data pemohon, sidik jari dan foto, Anda akan diberi bukti nomor registrasi untuk diserahkan ke Bank Mandiri.

Pembayaran mesti dilakukan paling lambat 3 (tiga) hari sejak nomor registrasi diterima.

Jika sudah dibayar, paspor siap diambil setelah 3 (tiga) hari kerja sejak pembayaran dilakukan.

Poinnya adalah, untuk mengurus paspor, Anda harus siap meluangkan waktu seharian di Kantor Imigrasi, jika perlu dari pagi sampai sore hari.

IMG_20170713_115533.jpg

Kantor Imigrasi Kelas II Depok berada di komplek Pemda/DPR Kota Depok

IMG_20170719_081103.jpg

Contoh antrian yang tak perlu karena hanya hendak beli meterai

IMG_20170719_091642.jpg

Suasana antrian untuk pengecekan kelengkapan dokumen

IMG_20170719_134643.jpg

Menunggu pengambilan paspor, tiga hari selesai sejak pembayaran ke bank dilakukan

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s